2.1.1 Market-Based View
Sebuah
inovasi yang membuat peningkatan layanan informasi dan telekomunikasi dapat
menumbuhkan persaingan pasar. Struktur industri telekomunikasi semakin kompleks
dengan adanya perubahan teknologi dan institusi (Mansell, 1993). Terdapat dua
perspektif dalam menginterpretasikan pengaruh dari perubahan tersebut (Mansell,
1993). Pertama, model idealis yang diperoleh dari teori yang menggambarkan munculnya
pasar persaingan sempurna.
Pasar
persaingan sempurna ditandai dengan ketiadaan halangan bagi perusahaan untuk
masuk dan keluar (Clark, 1961). Kedua, model strategis yang menggambarkan teori
persaingan tidak sempurna, monopolistik dan oligopolistik. Model ini
mengasumsikan perusahaan tidak menentukan ketidakstabilan oligopoli dimana ada
perubahaan kerja sama dengan sengaja menggunakan strategi harga jangka pendek
untuk mencapai pertahaanan jangka panjang dan kekuatan monopoli (Melody, 1985).
Menurut Mansell (1993), dalam model strategis terdapat persaingan di antara
perusahaan yang dominan tetapi persaingan tersebut tidak memberikan keuntungan
yang sama kepada seluruh perusahaan dalam pasar. Hal ini dapat dipengaruhi
oleh:
1.
Perubahan dalam
keseimbangan kekuatan di antara pemasok sebagai akibat dari strategi
investasi dan keputusan mengenai pengaturan dan kebijakan persaingan.
2.
Perbedaan tingkat
perkembangan permintaan.
3.
Pengaruh yang tidak
diharapkan dari pengembangan teknis.