Friday, February 7, 2020

Market Based View Analisis Organisasi

market based view, analisis internal organisasi

2.1.1    Market-Based View

Sebuah inovasi yang membuat peningkatan layanan informasi dan telekomunikasi dapat menumbuhkan persaingan pasar. Struktur industri telekomunikasi semakin kompleks dengan adanya perubahan teknologi dan institusi (Mansell, 1993). Terdapat dua perspektif dalam menginterpretasikan pengaruh dari perubahan tersebut (Mansell, 1993). Pertama, model idealis yang diperoleh dari teori yang menggambarkan munculnya pasar persaingan sempurna.
Pasar persaingan sempurna ditandai dengan ketiadaan halangan bagi perusahaan untuk masuk dan keluar (Clark, 1961). Kedua, model strategis yang menggambarkan teori persaingan tidak sempurna, monopolistik dan oligopolistik. Model ini mengasumsikan perusahaan tidak menentukan ketidakstabilan oligopoli dimana ada perubahaan kerja sama dengan sengaja menggunakan strategi harga jangka pendek untuk mencapai pertahaanan jangka panjang dan kekuatan monopoli (Melody, 1985). Menurut Mansell (1993), dalam model strategis terdapat persaingan di antara perusahaan yang dominan tetapi persaingan tersebut tidak memberikan keuntungan yang sama kepada seluruh perusahaan dalam pasar. Hal ini dapat dipengaruhi oleh:
1.        Perubahan dalam keseimbangan kekuatan di antara pemasok sebagai akibat dari strategi investasi dan keputusan mengenai pengaturan dan kebijakan persaingan.
2.        Perbedaan tingkat perkembangan permintaan.
3.        Pengaruh yang tidak diharapkan dari pengembangan teknis.